span 1 span 2 span 2

Beauty

6 Cara Merawat Rambut agat Tetap Sehat
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 3 menit

6 CARA MERAWAT RAMBUT AGAR TETAP SEHAT
Sumber: 
okezone.com

Bagi sebagian orang, rambut merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk penampilan. Apalagi untuk perempuan, rambut adalah mahkota tubuh. Menjaga dan merawat rambut merupakan investasi. Terlebih, sebagian besar perempuan yang memiliki rambut panjang di mana perawatannya lebih sulit dari rambut pendek. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat rambut. Merawat rambut dengan tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan, seperti rambut kering dan rontok.  Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat rambut.

1. Cuci rambut maksimal dua sampai tiga kali seminggu
Cuci rambut maksimal dua sampai tiga kali seminggu
Sumber: 
demandstudios.com

Mencuci rambut sangatlah penting bagi kesehatan, selain agar rambut kita tetap wangi dan fresh. Namun, banyak orang salah kaprah tentang tata cara mencuci rambut. Pada kenyataannya, mencuci rambut setiap hari memang membuat rambut wangi setiap saat. Namun, mencuci rambut terlalu sering ternyata dapat menghilangkan minyak rambut, yang memiliki fungsi melindungi rambut dari berbagai kerusakan.

2. Hindari menggunakan air panas
Hindari menggunakan air panas
Sumber: 
curlynugrowth.com

Cara tepat merawat rambut agar tetap sehat adalah memilih shampoo dan conditioner sesuai dengan masalah rambut yang dimiliki. Pakai shampoo pada kulit kepala, bukan pada ujung rambut. Pijat dengan lembut bagian kulit kepala agar memperlancar sirkulasi darah. Kemudian, bilas dengan air dingin. Hindari pembilasan dengan air panas, karena dapat menyebabkan rambut kering dan kusut.Tentunya kamu tidak ingin rambut kamu kering dan kusut kan?

3. Keringkan dengan handuk sebelum menggunakan conditioner
Keringkan dengan handuk sebelum menggunakan conditioner

Sumber: 
papasemar.com

Conditioner sangat penting untuk melembabkan dan memberinya protein. Selain itu, conditioner bisa membuat rambut gampang untuk diatur. Sebelum menggunakan conditioner, pakailah handuk kering agar rambut tidak terlalu basah. Kondisi rambut yang terlalu basah akan menyebabkan conditioner susah masuk ke dalam rambut. Sebaliknya, rambut yang kering tidak bisa membuat rambut menyerap conditioner. Pakailah conditioner pada rambut, bukan pada akar rambut, karena dapat menyebabkan rambut berminyak.

4. Sisir rambut dua kali sehari
Sisir rambut dua kali sehari
Sumber: 
meramuda.com

Untuk rambut mengkilap, sehat, dan tidak bercabang, sisirlah rambut dua kali sehari. Jangan menyisir rambut ketika sedang basah. Karena pada saat rambut basah, rambut dalam keadaan lemah, rapuh, dan lebih rentan terhadap kerusakan. Sisir rambut pelan-pelan, dan jangan sampai membuat rambut rontok.

5. Gunakan hairdryer dengan temperatur rendah
Gunakan hairdryer dengan temperatur rendah

Sumber: 
clear.co.id

Mengeringkan rambut dengan hairdryer merupakan cara tercepat. Namun, terlalu sering menggunakan hairdryer dapat menyebabkan rambut rusak. Jika kamu suka menggunakan hairdryer, pakailah temperatur paling kecil. Untuk memberi ketahanan maksimal terhadap rambut kamu dari panas, pakailah heat-protector spray.

6. Gunakan minyak castor, minyak rambut dan dry shampoo
Gunakan minyak castor, minyak rambut dan dry shampoo
Sumber: 
hellosehat.com

Untuk memberi nutrisi dan vitamin pada rambut, gunakan minyak castor atau minyak rambut agar rambut kamu tetap ternutrisi dan lembab. Pakailah secara teratur agar rambut tetap lembut dan sehat. Selain itu, penggunakan dry shampoo juga dapat membuat rambut terlihat lebih sehat.

baca juga: Cara Merawat Rambut Secara Alami


Merawat rambut dapat menjaga kebersihan rambut kita dari kotoran, serta menjaganya dari berbagai kerusakan. Pastinya kamu tidak ingin rambut kamu rusak kan? Selain itu, rambut yang rapi dan wangi membuat tampilan lebih menarik.


Sumber Referensi

http://hariangadis.com/mengatasi-rambut-rontok/
http://hariangadis.com/cara-merawat-rambut/
http://hariangadis.com/cara-merawat-rambut-kering/
http://winksite.com/xhtml/ms_fo_pg_v?fid=18327&id=14583&susid=27818


0 Comments