span 1 span 2 span 2

Beauty

6 Cara Mencatok Rambut yang Benar agar Tidak Mudah Rusak
Oleh: Prabarini Kartika
Dibaca Normal: 4 menit

6 Cara Mencatok Rambut Yang Benar Agar Tidak Mudah
Sumber: 
hellosehat.com

Wanita pasti menginginkan penampilan yang maksimal setiap hari, tidak terkecuali bagian mahkotanya yaitu rambut. Alat pelurus rambut atau populer disebut catokan, menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh wanita. Berkat alat catokan itu, para wanita akan memiliki rambut yang rapi dan lembut.

Baik wanita berambut lurus maupun keriting sama-sama memakai alat ini. Yang berambut lurus akan menggunakan alat catokan untuk menambah kesan wavy pada rambut, dan yang berambut keriting tentunya memakai alat ini untuk meluruskan rambutnya.

Eits, tapi supaya rambut kamu tidak cepat rusak karena menggunakan alat catokan setiap hari, yuk diintip cara-caranya:

1. Pastikan Rambutmu Kering
pastikan rambutmu kering

Sumber: 
ffmag.com

Ini adalah hal pertama sebelum catokan yang harus kamu lakukan. Setelah kamu keramas baik malamnya atau pagi sebelum beraktivitas, pastikan bahwa rambut kamu benar-benar kering dan tidak lembab.

Jangan pernah mencatok rambut saat rambut kamu masih basah karena akan semakin merusak rambutmu! Gunakan hairdryer untuk membantu mempercepat proses pengeringan rambut.

2. Atur Tingkat Suhu Alat Catokan
atur tingkat suhu alat catokan

Sumber: 
kchanews.com

Ada dua jenis alat catokan jika kamu belum tahu, yaitu ada catokan yang terdapat pengaturan suhu dan yang tidak terdapat pengaturan suhu. Jika kamu memiliki alat catokan yang ada pengaturan suhu, hal tersebut harus diperhatikan. Jangan sampai kamu mengatur suhu yang paling panas!

Kenapa pengaturan suhu catokan menjadi penting? Karena panas yang berlebihan akan menyebabkan rambut kamu cepat rusak dan rapuh. Jadi, atur suhu yang normal saja agar hasilnya juga lebih memuaskan.

3. Pilah Rambut Menjadi Beberapa Bagian
Pilah Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Sumber: 
dietchart.net

Setelah alat catokan mulai panas suhunya, saatnya kamu untuk membagi rambutmu menjadi beberapa bagian. Ada baiknya kamu menjepit rambutmu menjadi bagian-bagian yang kecil. Hal ini dilakukan agar hasil catokan kamu lebih maksimal karena jika catokan dengan rambut yang langsung banyak maka rambut kamu tidak akan lurus secara maksimal. Jangan lupa untuk mencatok rambut dari bagian rambut terdalam hingga terluar.

4. Jangan Catok Berulang Kali
Jangan Catok Berulang Kali

Sumber: 
akucantik.id

Ini yang sering dilakukan perempuan saat sedang catokan, yaitu mencatok bagian-bagian rambut berulang kali. Kalau kamu menginginkan hasil rambut yang lebih bagus, sebaiknya catok rambut yang telah dibagi menjadi beberapa bagian itu perlahan-lahan dari akarnya.

Mencatok yang berulang kali dapat menyebabkan rambut cepat rusak dan dapat membuat rambut bercabang. Tentu saja kamu tidak menginginkan hal ini kan? Usahakan dalam sekali catok, kamu sudah mendapatkan hasil yang kamu inginkan ya!

5. Gunakan Serum Rambut
gunakan serum rambut

Sumber: 
alodokter.com

Dianjurkan bagi kamu yang suka mencatok rambut untuk merawat rambut kamu seminggu sekali. Perawatan yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan serum atau masker rambut.

baca juga: Cara Keriting Rambut

Tidak perlu mahal-mahal pergi ke salon! Kini di pasaran sudah banyak dijual masker rambut yang bisa kamu pakai di rumah. Jadi, tidak ada alasan kamu untuk jarang ke salon karena biaya yang mahal.

6. Pakai Alat Catokan yang Berkualitas
Pakai Alat Catokan yang Berkualitas

Sumber: 
f2fcdn.net

Ini adalah poin yang wajib diperhatikan. Kamu harus membeli dan menggunakan alat catokan yang tentu saja berkualitas. Jangan sampai kamu membeli alat catokan hanya karena harganya yang murah. Harga menentukan kualitas lho!

Salah satu cara untuk mengetahui alat catokan mana yang berkualitas adalah jika plat catokan tersebut terbuat dari keramik dan memiliki teknologi ion. Hal itu yang bisa membuat rambut kamu lebih lembut.


Jadi, sebelum kamu mulai merasakan euforia memiliki rambut indah dan lembut karena catokan, pastikan kamu memperhatikan beberapa poin penting yang tadi sudah disebutkan di atas ya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/82906-tips-agar-rambut-tidak-rusak-walau-sering-pakai-catok.html
http://mahkotamu.com/cara-melakukan-catok-rambut-yang-baik-dan-benar/
http://cantiksehatgue.blogspot.co.id/2016/02/cara-benar-mencatok-rambut-agar-lurus-lebih-lama.html


0 Comments