span 1 span 2 span 2

Beauty

5 Cara Merawat Rambut Keriting agar Tetap Indah
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 3 menit

5 CARA MERAWAT RAMBUT KERITING AGAR TETAP INDAH
Sumber: 
okeinfo.net

Memiliki rambut indah merupakan keinginan semua orang. Seperti gampang diatur, tidak kering, lembut, halus, dan tentunya bebas dari ketombe. Bentuk rambut terdiri dari beberapa jenis, seperti rambut lurus, keriting, dan rambut ikal. Setiap jenis memiliki perawatan yang berbeda-beda. Seperti rambut keriting yang menurut beberapa orang memiliki perawatan yang cukup sulit untuk mempertahankan bentuknya agar tetap indah dan terawat. Tentunya kamu tidak mau memiliki rambut keriting yang kusut, kering, dan mudah rontok kan? Jika kamu adalah pemiliki rambut berjenis keriting, kamu perlu memperhatikan hal di bawah ini.

1. Cuci rambut dengan sedikit shampoo, atau tidak sama sekali
Cuci rambut dengan sedikit shampoo, atau tidak sama sekali
Sumber: 
unileverservices.com

Jika kamu pemilik rambut keriting, hindari penggunakan shampoo yang berlebih. Cukup sedikit saja atau jangan keramas terlalu sering. Keramas terlalu sering dapat memunculkan gundukan rambut atau biasa kita sebut sebagai rambut ikal. Shampoo mengandung sodium lauryl sulfat di mana kandungan tersebut adalah bahan utama shampoo pada umumnya, yang keras bagi rambut keriting jika digunakan terlalu banyak. Alternatif yang dapat dilakukan adalah mencuci rambut dengan menggunakan kondisioner, atau lebih sering disebut sebagai teknik “co-wash”.

2. Beri kondisioner
beri kondisioner
Sumber: 
cosmopolitan.co.id

Seperti yang dijelaskan di atas, memakai kondisioner untuk mencuci rambut merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Selain itu, kondisioner dapat membantu rambut kamu terhindar dari kekeringan, dan memberikan kelembapan yang 'pas’ tanpa menghilangkan minyak di rambut. Selain memberi kelembapan, kondisioner juga berguna menghilangkan tumpukan minyak rambut yang berlebih. Bayangkan rambut kamu berminyak dan terlihat lepek, pastinya akan membuat penampilan kamu kurang menarik kan? Pastinya membuat kamu tidak nyaman juga.

3. Keringkan rambut setelah keramas
Keringkan rambut setelah keramas

Sumber: 
ebayimg.com

Setelah mencuci, keringkan dengan handuk yang lembut. Jangan menggunakan handuk dengan permukaan yang kasar, karena dapat merusak rambut. Pada saat basah, rambut bersifat rapuh dan rentan terhadap berbagai kerusakan seperti rambut rontok. Usap rambut kamu dengan handuk dengan lembut dari atas ke bawah. Gunakan jari untuk memisahkan rambut yang ikal. Jangan menggunakan sisir!

4. Hindari produk beralkohol berlebih
Hindari produk beralkohol berlebih

Sumber: 
capitainecomment.fr

Hindari penggunaan produk yang menggunakan produk yang mengandung alkohol berlebih, seperti hairspray. Alkohol dapat menyerap kelembapan rambut sehingga rambut menjadi kering, di mana rentan terjadi kerusakan pada rambut. Tidak mau kan rambut kamu menjadi ikal, bercabang, atau rontok? Maka dari itu hindari penggunaan produk-produk yang beralkohol ya!

5. Keringkan rambut dengan diffuser rambut
Keringkan rambut dengan diffuser rambut
Sumber: 
curlsunderstood.com

Tidak ingin alur keriting rambut kamu rusak? Gunakan diffuser setiap kali mengeringkan rambut. Diffuser merupakan alat yang dapat mengeringkan rambut kamu secara merata tanpa merusak estetika bentuk keriting rambut kamu. Hal yang perlu diperhatikan saat mengeringkan rambut adalah gunakan suhu yang rendah. Menggunakan suhu yang terlalu panas dapat membuat rambut kamu kering.

baca juga: Cara Merawat Warna Rambut yang Diwarnai


Memiliki rambut keriting merupakan keindahan tersendiri bagi pemiliknya. Selain modelnya yang unik, rambut keriting juga sering dijuluki sebagai rambut yang eksotis. Untuk menjaga bentuknya agar tetap indah dan terawat, tentunya kamu tidak boleh melewatkan hal-hal di atas. Jangan sampai rambut kamu rusak ya!


Sumber Referensi

http://cantikaku.com/cara-merawat-rambut-ikal-agar-rapi-dan-tidak-mengembang/


0 Comments