span 1 span 2 span 2

Beauty

Bahan Rumahan untuk Merawat Kulit Kering
Oleh: Imammanda Budiartha
Dibaca Normal: 4 menit

BAHAN RUMAHAN UNTUK MERAWAT KULIT KERINGSumber: thebetterminds.com

Kulit kering merupakan masalah yang sangat menjengkelkan. Apalagi pada saat musim dingin. Kulit kering yang tidak ditanggulangi dapat menyebabkan efek perih bahkan luka. Selain karena musim dan cuaca, kulit kering juga bisa terjadi karena kekurangan nutrisi, genetik, dan faktor usia. Banyak produk perawatan yang dapat menyembuhkan kulit kering di luar sana. Namun, ada jalan yang bisa kamu tempuh untuk menyembuhkan kulit kering tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

1. Minyak Zaitun
Minyak ZaitunSumber: 
oliveoilexport.com

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan, asam lemak yang sehat dan tentunya baik untuk kulit. Bahan ini dapat menenangkan kulit kering di seluruh badan. Caranya, oleskan secara tipis minyak zaitun di bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi. Gosok minyak zaitun pada daerah yang kering. Kemudian bilas pada saat mandi.

2. Krim Susu
krim susu
Sumber: 
ledisia.com

Asam laktat pada krim susu membantu pengelupasan pada kulit kering. Selain itu, krim susu juga berfungsi sebagai menetralkan pH kulit sehingga kelembaban tetap terjaga. Dalam hal ini, krim susu merupakan pelembab yang sangat baik bagi kulit. Resepnya adalah campur beberapa tetes lemon, satu sendok teh susu, dan dua sendok teh krim susu. Kemudian oleskan pada tangan dan kaki sebelum mandi.

3. Madu
maduSumber: 
familinia.com

Madu memiliki kandungan antioksidan, antimikroba, dan sifat humektan (pelembab). Semua kandungan tersebut berfungsi sebagai pengunci kelembaban untuk membuat kulit tetap lembut dan halus. Ditambah, madu memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang dapat melengkapi kebutuhan kulit kamu. Caranya cukup oleskan madu ke bagian yang kering dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan metode ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Yogurt
yogurt
Sumber: 
financialtribune.com

Yogurt merupakan salah satu agen pelembab kulit yang sangat baik. Antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu menenangkan kulit kering dan gatal. Yogurt juga mengandung asam laktat yang membantu menyingkirkan kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan kulit kering. Oleskan yogurt di wajah, kaki, tangan, dan jika perlu badan. Pijat ringan dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas secara menyeluruh. Kamu bisa melakukan metode ini seminggu sekali.

baca juga: Cara Membuat Lulur Beras Kopi

5. Susu
susu
Sumber: 
report.az

Susu berfungsi menyingkirkan kulit kering dan gatal, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Terlebih, asam laktat dalam susu membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan menjaga kelembaban kulit. Caranya, rendam kain lap dalam susu dingin dan letakkan diatas kulit selama 5 sampai 7 menit. Lakukan metode ini setiap hari untuk kelembaban kulit yang maksimal.

6. Minyak Kelapa
minyak kelapaSumber: 
tokomesinkelapa.com

Minyak kelapa merupakan produk terbaik untuk membuat kulit lembab. Asam lemak yang dikandung membuat kulit kembali lembab. Cukup oleskan minyak kelapa hangat di seluruh tubuh sebelum tidur, dan kemudian dibilas di pagi hari, Kamu bisa melakukan ini setiap hari. Pastinya kamu mau kan kulit kamu tetap lembab dan terawat? Jika begitu, lakukan hal ini secara teratur.


Menjaga dan merawat kulit tidak harus mahal, lho. Banyak bahan-bahan yang bisa kita racik sendiri di rumah. Selain alami, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membuat kulit kamu lembab dan tetap terjaga.


Sumber Referensi

http://mengatasikulitkering.com/cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami/
http://www.cantikitu.com/2016/06/cara-mengatasi-kulit-kering-secara-alami.html
http://www.perawatankulitwajah212.com/2015/06/cara-melembabkan-kulit-wajah-dengan-cepat.html


0 Comments