span 1 span 2 span 2

Beauty

9 Cara Menggunakan Foundation agar Tahan Lama
Oleh: Susi Lubis
Dibaca Normal: 5 menit

9 Cara Menggunakan Foundation Agar Tahan LamaSumber: sosueme.ie

Foundation merupakan salah satu jenis kosmetik yang paling banyak digunakan oleh wanita. Foundation bermanfaat untuk meratakan warna wajah yang berbeda, menghaluskan tampilan kulit dan menutupi kekurangan kulit wajah seperti jerawat, kulit merah, noda hitam, dan lain-lain. Namun sayangnya pengaplikasian foundation yang kurang tepat dapat membuat foundation mudah luntur terutama pada kulit wajah yang berminyak. Foundation yang luntur akan membuat tampilan wajah menjadi kurang menarik, tentunya kamu tidak mau bukan hal ini terjadi pada wajahmu? maka dari itu, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini agar foundation-mu dapat bertahan lama ketika diaplikasikan pada wajah:

1. Bersihkan wajah
bersihkan wajah
Sumber: 
hiamag.com

Sebelum menggunakan kosmetik, pastikan wajah sudah dibersihkan sehingga tidak ada kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Hal ini wajib dilakukan karena memakai kosmetik pada wajah kotor hanya akan menimbulkan masalah pada wajah seperti komedo dan jerawat. So, jangan malas untuk selalu membersihkan wajah ya!

2. Alat kosmetik yang bersih
Alat kosmetik yang bersih
Sumber: 
loepsie.com

Selain menjaga kebersihan kulit wajah, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan alat-alat kosmetik seperti brush dan spons. Kotoran yang menumpuk pada brush dan spons akan tertinggal di kulit wajah pada saat pengaplikasian foundation. Hal ini dapat membuat hasil sapuan foundation tidak maksimal dan terlihat tidak halus pada kulit wajah. Maka bersihkan alat-alat kosmetik minimal seminggu sekali. Jangan sampai karena alat-alat kosmetik yang kurang bersih, membuat tampilan wajahmu menjadi kurang maksimal.

3. Gunakan face primer
Gunakan face primer

Sumber: 
azureedge.net

Kondisi kulit wajah dengan pori-pori kecil adalah kondisi terbaik untuk pengaplikasian foundation. Kulit wajah dengan pori-pori besar akan membuat foundation masuk ke dalam pori dan memicu timbulnya komedo dan jerawat. Gunakan face primer sebelum menggunakan foundation untuk mengecilkan pori-pori kulit. Jika tidak memiliki face primer, kamu bisa menggunakan es batu dan aplikasikan pada wajah selama 5-10 menit. Es batu yang dingin dapat membuat pori-pori kulit mengecil sekaligus menyegarkan kulit wajah.

4. Gunakan pelembab
gunakan pelembab
Sumber: 
kesehatan-kulit.com

Kulit wajah membutuhkan pelembab agar kelembaban kulit selalu terjaga. Untuk kulit kering, pelembab wajib digunakan sebelum menggunakan foundation. Hal ini dikarenakan foundation akan terlihat pecah-pecah dan sulit diratakan pada kulit kering. Untuk kulit berminyak, disarankan menggunakan pelembab secukupnya dan pilihlah pelembab khusus untuk wajah berminyak. Jangan sampai salah pilih pelembab ya!

5. Hindari menggosok terlalu keras
Hindari menggosok terlalu keras
Sumber: 
klimg.com

Aplikasikan foundation dengan lembut dan perlahan. Gosokan foundation yang terlalu keras dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak. Jika ini dilakukan, wajah akan banyak mengeluarkan minyak dan foundation akan cepat luntur. Kamu tidak mau bukan foundation-mu cepat luntur? Sedikit kesabaran akan membuahkan hasil yang lebih maksimal.

6. Aplikasikan foundation per layer secara tipis-tipis
Aplikasikan foundation per layer secara tipis-tipis
Sumber: 
wp.com

Hindari penggunakan foundation dengan jumlah yang banyak. hal ini hanya akan memperburuk tampilan kulit karena foundation akan menimbulkan garisan pada garis senyum. Aplikasikan foundation secara tipis, lalu diamkan sesaat. Kemudian aplikasikan kembali, metode ini disebut dengan layer. Pengaplikasian foundation dengan metode layer dapat membuat foundation lebih menempel pada kulit sehingga menjadi tahan lama.

7. Tisu
tisu
Sumber: 
klimg.com

Setelah foundation diaplikasikan pada kulit wajah. Ambil tisu dan tepuk-tepuk pada wajah. Hal ini berguna untuk menyerap minyak yang ada pada wajah.

baca juga: Cara Alami untuk Cerahkan Kulit Tubuh

8. Aplikasikan bedak
aplikasikan bedak
Sumber: 
idws.id

Pengaplikasian bedak berguna agar foundation menempel lebih lama pada kulit wajah. Selain itu, bedak juga mampu menyerap minyak yang berlebih pada kulit wajah.

9. Kertas Minyak
kertas minyak
Sumber: 
hellosehat.com

Apabila kulit wajah mulai berminyak, segera atasi dengan menggunakan kertas minyak. Usahakan untuk tidak menggosok kertas minyak terlalu keras karena akan membuat riasan wajahmu menjadi berantakan. Tepuk-tepuk perlahan pada kulit yang berminyak.


Bagaimana sekarang sudah tahu kan cara menggunakan foundation agar tahan lama? Kamu tidak perlu khawatir lagi menggunakan foundation karena takut luntur. Langkah-langkah di atas bisa kamu aplikasikan dan sedikit kesabaran dapat membantu kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!


Sumber Referensi

http://ganemakeup.blogspot.co.id/2016/02/tips-agar-make-up-foundation-tahan-lama.html


0 Comments