span 1 span 2 span 2

Beauty

6 Cara Merawat Kuku Secara Alami
Oleh: Susi Lubis
Dibaca Normal: 4 menit

6 Cara Merawat Kuku Secara AlamiSumber: carmencitta.me

Kecantikan tidak hanya dilihat dari wajah, rambut dan tubuh saja, namun kebersihan dan kecantikan kuku juga dapat menambah poin untuk penampilanmu. Kuku berguna untuk melindungi ujung jari di mana terdapat banyak urat saraf. Maka dari itu, kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang penting.

Jangan sampai penampilanmu menjadi tidak maksimal hanya karena kuku yang tidak bersih dan terawat. Yuk rawat kuku cantikmu dengan cara-cara di bawah ini:

1. Bersihkan kuku secara teratur
bersihkan kuku secara teratur
Sumber: 
caramerawat.net

Tidak hanya tubuh, kuku juga perlu dibersihkan dari kotoran yang berada pada sela kuku. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran pada sela kuku juga tidak sedap dipandang mata. Hal ini akan menimbulkan kesan bahwa si pemilik tangan adalah orang yang kurang menjaga kebersihan. So, Jangan lupa untuk selalu bersihkan kotoran pada kukumu ya!

2. Perawatan kuku di rumah
perawatan kuku di rumah
Sumber: 
beautybridge.com

Perawatan kuku tidak selalu dilakukan di salon, kamu juga bisa kok melakukan perawatan kuku di rumah. Pastinya kuku akan terhindar dari bahan kimia yang biasa digunakan di salon, di mana justru dapat membuat kuku menjadi mudah rapuh.

Lakukan perawatan dimulai dengan memotong kuku. Lalu kikir bagian ujung-ujung kuku agar menjadi lebih halus. Selain merawat kuku, kutikula juga perlu diperhatikan. Gunakan pelembab secukupnya pada bagian kutikula.

3. Pastikan peralatan kuku bersih
pastikan peralatan kuku bersih
Sumber: 
tokopedia.net

Sebelum melakukan perawatan di rumah, pastikan peralatan yang akan kamu gunakan telah bersih. Hal ini disebabkan kuman dapat mudah masuk ke dalam celah antara kuku dan bantalan kuku sehingga dapat mengakibatkan timbulnya infeksi. Kamu tidak mau bukan, alih-alih kuku bersih tapi infeksi yang di dapat? Jangan sampai hal ini terjadi Ladies!

4. Batasi penggunaan aseton
batasi penggunaan aseton
Sumber: 
beautyjunkees.com

Aseton digunakan untuk menghapus cat kuku. Sayangnya aseton ini dapat membuat kuku menjadi kasar dan kusam. Zat yang terkandung dalam aseton dapat memudarkan kilau alami pada kuku.

Bagi kamu yg suka menggunakan cat kuku, coba batasi penggunaan aseton ya. Tentunya kamu tidak mau kan hal ini terjadi pada kuku cantikmu?

5. Garam
garam
Sumber: 
wyjatkowyprezent.pl

Kandungan yang terdapat di dalam garam dapat mencerahkan kuku yang kuning. Selain itu, garam juga dapat menguatkan kuku agar tidak mudah patah. Untuk menggunakannya campur garam dengan air hangat, dan air perasan lemon. Lalu rendam jari-jari kamu dan gosok kuku secara perlahan menggunakan sikat yang halus.

baca juga: Cara Membuat Marble Nails Sendiri

Namun perlu diingat bahwa kamu dapat mengaplikasikan cara ini jika tidak ada luka di jari-jari tangan dan kaki ya. Karena campuran garam dan air perasan lemon dapat membuat luka menjadi perih dan memerah.

6. Belimbing Wuluh
belimbing wuluh
Sumber: 
khasiat.co.id

Tahukah kamu selain untuk sayur, ternyata belimbing wuluh dapat digunakan untuk merawat kuku? Cairan belimbing wuluh dapat membersihkan kotoran pada sela kuku dan membuat kuku menjadi lebih kuat. Belimbing wuluh sangat baik digunakan bagi yang memiliki kuku rapuh.

Untuk menggunakannya, potong belimbing wuluh secukupnya. Lalu usapkan pada kuku hingga airnya mengenai seluruh bagian kuku. Jika sudah, bilas dengan air.


Bagaimana? mudah bukan merawat kuku agar selalu cantik dan terawat? Yuk lakukan cara-cara di atas di rumah. Jangan biarkan kuku kamu kotor dan tidak terawat ya Ladies!


Sumber Referensi

http://www.alodokter.com/lima-cara-merawat-kuku-cantik
https://drozindonesiatranstv.blogspot.co.id/2015/04/dr-oz-tips-manfaat-garam-untuk.html?m=1


0 Comments