span 1 span 2 span 2

Beauty

5 Cara Alami Hilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Cepat
Oleh: Susi Lubis
Dibaca Normal: 4 menit

5 Cara Alami Hilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Cepat
Sumber: hellodoktor.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat dihindari. Mengatasi jerawat pada kulit wajah sangat membutuhkan kesabaran karena setelah masalah jerawat telah di atasi, biasanya akan muncul masalah baru yaitu bekas jerawat.

Sebenarnya bekas jerawat merupakan proses penyembuhan jaringan kulit akibat jerawat. Hal ini disebabkan kolagen yang dihasilkan dari proses penyembuhan ini mengakibatkan timbulnya bekas jerawat. Kolagen sendiri berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit.

Bentuk bekas jerawat dipengaruhi oleh jumlah kolagen. Jika kolagen berlebihan akan menimbulkan pergantian kulit dan meninggalkan flek dan bintik hitam, sedangkan kekurangan kolagen dapat membuat kulit wajah menjadi berlubang. Maka dari itu, bekas jerawat jangan dianggap sepele ya! Yuk simak langkah-langkah di bawah ini agar bekas jerawat dapat hilang lebih cepat:

1. Madu Alami
madu alami

Sumber: ark21.com

Sudah tidak diragukan lagi jika madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan yang terdapat dalam madu dapat mengurangi peradangan akibat jerawat dan memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk mencegah timbulnya jerawat. Perlu diperhatikan bahwa madu yang dapat kamu gunakan hanya madu alami.

Untuk menggunakannya, oleskan madu alami pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Jeruk Nipis
jeruk nipis

Sumber: hellosehat.com

Jeruk nipis mengandung AHA yang bermanfaat untuk menyembuhkan bekas luka dan meremajakan kulit. Selain itu, kandungan Vitamin C dalam jeruk nipis dapat mencerahkan kulit, terutama bekas jerawat yang menghitam di kulit wajah.

Cara penggunaannya adalah potong jeruk nipis secukupnya dan oleskan air jeruk nipis secara merata ke seluruh wajah. Diamkan hingga 10 menit, lalu bilas dengan air. Jangan biarkan air jeruk nipis terlalu lama pada kulit wajah karena dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Pastinya kamu tidak mau kan hal ini terjadi?

3. Teh Hijau
teh hijau

Sumber: gnst.jp

Teh hijau memiliki banyak khasiat iuntuk kecantikan, salah satunya adalah dapat mengontrol hormon yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi peradangan akibat jerawat, serta dapat mempercepat penyembuhan bekas luka jerawat.

Kamu dapat membuat masker dari teh hijau untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Cara penggunaannya adalah sediakan bubuk teh hijau, lalu campurkan dengan air secukupnya. Aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan hingga 30 menit.  Lalu bilas dengan air bersih.

4. Lidah Buaya
lidah buaya

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Tahukah kamu bahwa lidah buaya sangat berguna untuk menghilangkan bekas jerawat? Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan astrigent yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga sangat baik untuk mengurangi bekas jerawat.

baca juga: Cara Putihkan Gigi dengan Bahan Alami

Untuk menggunakannya, kupas lidah buaya lalu oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

5. Mentimun dan Tomat
mentimun dan tomat
Sumber: astropublications.com.my

Kandungan Vitamin A dan C yang terkandung dalam mentimun dan tomat sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, mentimun dapat memberikan efek segar pada kulit wajah. Kamu bisa membuat masker wajah lho dari kedua bahan ini.

Untuk penggunaannya, haluskan mentimun dan tomat, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.


Selain jerawat, bekas jerawat juga memerlukan perawatan agar dapat hilang lebih cepat. Jangan sampai jerawat sudah hilang, namun bekas jerawat tetap bersarang di wajahmu. Yuk aplikasikan cara-cara alami di atas agar bekas jerawat segera pudar dan wajahmu kembali bersih dan cantik!


Sumber Referensi

http://bebasjerawatan.blogspot.com/2015/08/menghilangkan-bekas-jerawat-alami-cepat-mudah.html
http://informasitips.com/manfaat-teh-hijau-untuk-menghilangkan-jerawat-dan-bekas-jerawat


0 Comments