span 1 span 2 span 2

Beauty

5 Cara Membuat Scrub Bibir Alami Untuk Exfoliation
Oleh: Intan Kirana
Dibaca Normal: 3 menit

5 Cara Membuat Scrub Bibir Alami Untuk ExfoliationSumber: wp.com

Bagi perempuan, terutama yang sering menggunakan lipstik dan beraktivitas di ruangan ber-AC, bibir kering dan kusam senantiasa menjadi masalah. Tidak hanya mengganggu penampilan, bibir kering dan kusam juga dapat membuat kita merasa tidak nyaman karena seringkali menimbulkan rasa perih.

Banyak salon yang menawarkan perawatan untuk bibir, mulai dari spa untuk bibir hingga sulam bibir. Selain prosesnya kurang menyenangkan (sulam bibir mengharuskan lapisan teratas bibir kita dikelupas, dan perihnya minta ampun!), harganya pun cukup ‘menguras kantong’. Untuk itu, gimana kalau kita mencoba perawatan bibir sendiri di rumah? Ya, kalian juga bisa lho membuat scrub bibir sendiri dan melakukan proses exfoliation, alias pengelupasan sel-sel kulit mati bibir di rumah! Mudah, murah, dan tentunya aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Bagaimana sih caranya? Yuk kita simak di sini!

1. Pastikan bibir telah dibersihkan
Pastikan bibir telah dibersihkan

Sumber: tipsperawatancantik.com

Sebelum memulai, bersihkan bibir kalian terlebih dahulu dengan milk cleanser dan toner, serta pastikan tidak ada sisa lipstik/makanan. Bibir harus bersih supaya proses exfoliation menjadi maksimal. Jangan terlalu kasar saat membersihkan bibir ya, supaya bibir kalian tidak terluka.

2. Siapkan bahan-bahan dari dapur
Siapkan bahan-bahan dari dapur
Sumber: homemadeforelle.com

Tidak perlu susah payah mencari bahan-bahan pembuatnya. Kalian hanya membutuhkan 2 sendok teh gula, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun tergantung selera kalian saja. Nah, pastikan gula yang kalian gunakan adalah gula yang bertekstur kasar, ya! Seperti yang kita tahu, gula yang bertekstur kasar adalah pengangkat sel-sel kulit mati alami.

baca juga: kisah inspiratif Bubah Alfian

3. Campurkan semua bahan, jangan aduk terlalu lama
Campurkan semua bahan, jangan aduk terlalu lama

Sumber: wikihow.com

Campur semua bahan yang tadi disebutkan ke dalam mangkuk. Aduk agar semua bahan tercampur, tetapi jangan sampai gula terlalu larut. Karena kalau gula kelewat larut, fungsinya sebagai pengangkat sel-sel kulit mati akan berkurang, dan proses exfoliation bibir pun tidak akan sempurna.

4. Balur dan gosokkan pada bibir
balur dan gosokkan pada bibir

Sumber: beautynmakeup.com

Setelah itu, ambil campuran bahan dengan menggunakan ujung jari tangan kalian. Oles dan gosok-gosokkan pada bibir hingga campuran di ujung jari habis. Akan ada sedikit rasa gatal, tetapi abaikan saja, karena rasa gatal menandakan bahwa proses pengangkatan sel kulit mati di bibir sedang berjalan.  Teruskan hingga seluruh campuran di mangkuk habis, dan sel-sel kulit mati telah terangkat.

baca juga: Cara Alami Untuk Lembabkan Bibir

5. Bersihkan bibir dengan air hangat
bersihkan bibir dengan air hangat
Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Usai melakukan proses exfoliation ini, segera bersihkan bibir dengan air hangat. Usap pelan-pelan bibir dengan air hangat, dan dengan pengusapan satu arah saja. Bersihkan hingga tidak ada sisa bahan scrub di bibir kalian.


Nah, mudah dan praktis sekali bukan? Tetapi harus diingat bahwa campuran bahan scrub untuk bibir harus langsung diaplikasikan, dan jangan disimpan terlalu lama, karena hal tersebut dapat melarutkan gula dan membuat bahan campuran menjadi sangat lengket. Oh ya, jangan lupa juga untuk memastikan masa kadaluarsa bahan-bahan sebelum digunakan, ya!


Sumber Referensi

http://papasemar.com/ini-dia-cara-membuat-lip-scrub-yang-bisa-kamu-buat-sendiri-di-rumah/
http://www.sociolla.com/journal/tips-hacks/diy-lip-scrub


0 Comments